Senin, 18 Oktober 2010

Belajar Tahsin yuk !

Kopas dari : aqil banna
Pada suatu kesempatan saya mendengar seorang ustadz memberikan tausiyah mengenai seni membaca Alquran. Berikut petikan perkataan beliau :

"Akhi (saudaraku), tiap-tiap sesuatu memiliki hak yang wajib untuk dipenuhi. Seperti contohnya tubuh kita yang memiliki hak untuk memperoleh makanan, memperoleh istirahat, dan mendapatkan pakaian yang layak. Demikian pula dengan tiap-tiap huruf di dalam Alquran, mereka memiliki hak untuk dilafadzkan secara benar, sehingga Alquran dapat disuarakan dengan indah sesuai dengan yang seharusnya. Karena itulah kita harus belajar untuk dapat memenuhi hak-hak tiap huruf Alquran yang kita baca itu ... "

Sederhana sekali memang nasihat di atas. Ternyata tiap huruf Alquran itu memiliki teknik pengucapan yang spesifik, ini yang biasa kita kenal dengan makhraj. Ini semua harus dipelajari dengan khusus.

Misal, untuk huruf 'h' saja ada yang besar dan kecil dan pengucapannya keduanya sangat-sangat berbeda. Padahal jika dituliskan dlm huruf latin ya cukup huruf "h" saja.

Telah cukup banyak lembaga bimbingan belajar membaca Alquran tersebar. Mereka membimbing kita dari mengenal huruf, membaca indah dan benar (tahsin), hingga pada tingkat tahfidz (menghafal).

Buat kita yang ingin menjadikan Alquran benar2 sebagai imam kita, tidak ada kata terlambat untuk memenuhi hak Alquran untuk dapat dibaca dengan indah dan benar. Caranya ... ya belajar dong. Yuk belajar tahsin :)

berikut saya Lampirkan profil beberapa LEMBAGA TAHSIN/ TAHFIDZ yang ada di wilayah JAKARTA, semoga berguna....




>LEMBAGA TAHFIZH AL QUR’AN AL HIKMAH (Jakarta) < Nama Lembaga : LEMBAGA TAHFIZH AL QUR’AN AL HIKMAH Pendiri Lembaga : KH. Abdul Hasib Hasan, Lc, KH. Abdul Aziz Abdul Ra’uf, Ustadz Sofyan Nur Al Makki Tahun Berdiri : 1992 M Visi : Memasyarakatkan Al Qur’an di tengah Ummat Alamat Lembaga Jalan Bangka II No. 24 Pela Mampang Kota/Kabupaten : Jakarta Selatan Provinsi : DKI Jakarta Kode Pos : 12720 No. Telp/fax : 021-7192173 Jenjang Pendidikan : BBQ, Tahsin, Takhoshshush, Tahfizh, Tafsir >LEMBAGA TAHSIN-TAHFIZH AL QUR’AN KHARISMA RISLAH (Jakarta) < Nama Lembaga : LEMBAGA TAHSIN-TAHFIZH AL QUR’AN KHARISMA RISLAH Pendiri Lembaga : KH. Abdul Khoir Rasyidi, Lc dan Ustadz H. Efendi Anwar, Lc Tahun Berdiri : 1995 M Visi : Sebagai lembaga Al Qur’an yang terdepan dalam menjadikan Al Qur’an sebagai sumber kebahagiaan Ummat Misi :- Memasyarakatkan Rasm Utsmani - Dapat menjawab kebutuhan ummat dalam proses belajar mengajar Al Qur’an Alamat Lembaga Jalan : Jl. Seha II No. 14 Grogol Selatan Kebayoran Lama Kota/Kabupaten : Jakarta Selatan Provinsi : DKI Jakarta No. Telp/fax : 021-99772553 E-Mail : ltq_kr@plasa.com Website : WWW.kharismarisalah.com >LTQ LDK UIN SYAHID JAKARTA < Nama Lembaga : LTQ LDK UIN SYAHID JAKARTA Pendiri Lembaga : Ustadz Muzammil, Ustadz Akmarul Hadi Tahun Berdiri : 2006 M Visi : - Memasyarakatkan Al Qur’an di kampus, disemua kalangan civitas akademik - Membangun Syakhsiyah Qur’aniyah Alamat Lembaga Jalan : Ciputat Kota/Kabupaten : Tanggerang Provinsi : Banten >DARUL QUR’AN AL MUQORROBIN KHUSUS PUTRI (Jakarta) < Nama Lembaga : DARUL QUR’AN AL MUQORROBIN (Khusus Putri) Pendiri Lembaga : Imam Hambali Tahun Berdiri : 2001 M Visi : Mencetak para Hafizhah Al Qur’an yang Imtaq Alamat Lembaga Jl. Bangka VIII C RT. 05/03 Pela Mampang Kota/Kabupaten : Jakarta Selatan Provinsi : DKI Jakarta No. Telp/fax : 08998325925 >LEMBAGA AL QUR’AN AL UTSMANI (Jakarta) < Nama Lembaga : LEMBAGA AL QUR’AN AL UTSMANI Pendiri Lembaga : Ustadz Efendi Anwar, Lc Tahun Berdiri : 1995 M Visi : Menjadi lembaga Tahfizh yang Profesional Alamat Lembaga Jalan Raya Condet Gg. Sawo Kota/Kabupaten : Jakarta Timur Provinsi : DKI Jakarta No. Telp/fax : 021-98100526 Jenjang Pendidikan : Tahsin, Tahfizh Website : www.utsmani.multiply.com >Lembaga Tahfizhul Qur’an ( LTQ ) Jauharul Iman ( jakarta pusat )< Didirikan bulan November 2006 M / 27 Syawwal 1427 H di wilayah Johar Baru Jakarta Pusat. Pimpinan pertama adalah Ustadz. Nana Sumpena, S.Pd.I Al Hafizh ( 2006 – 2007 ). Alamat : Jl. Johar Baru IV Rw 05 Johar Baru Jakarta Pusat Situs web http://jauharuliman.wordpress.com >Lembaga Tahsin/tahfidzhul Qur’an HARAPAN UMAT<
( jakarta Utara )

Program bahasa Arab & tahsin/ tahfid Qur’an.
Alamat : koja, jakarta Utara.

Untuk sementara info lbh jelas bisa menghubungi ana ( aqil El Banna ), karena ane tinggal di jakut dan pernah belajar disini (yayasan Harum ).




Semoga Allah memberi kemudahan untuk saya dan juga anda dalam mempelajari Al Quran, membacanya, memahaminya, mengamalkannya, dan mengajarkannya pada orang lain.

Aamiin

Wallohu a’lam

2 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum akhi, mohon infonya untuk belajar tahsin dan tahfidz quran Di jakarta utara, karena ana dan suami berniat utk belajar tahsin dan tahfidz quran.syukron

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum...
    mohon infonya tuk belajar tahsin daerah jakarta pusat.
    terimaksaih

    BalasHapus

"Sudahkah kita membaca Alqur'an hari ini?
Berapa kali dalam sebulan kita mengkhatam Al qur'an."
( Khairukum man ta'allamal qur'an wa 'allamah).
SOMEDAY IS TODAY, DO IT NOW OR NEVER

TIPS OF THIS DAY
“Didiklah anakmu dengan 3 perkara: mencintai Allah, mencintai Rasul dan belajar Al-Qur’an” (Al-hadits)